Senin, 07 September 2009

Glosarium IT


















1. Multi Programming


Multiprogramming pada komputer adalah alokasi sistem komputer untuk dapat menjalankan beberapa aplikasi/program secara bersamaan.

Contohnya : Ketika kita sedang mengerjakan banyak tugas dari dosen dengan menggunakan microsoft word kita juga mendengarkan lagu dari aplikasi Winamp. Ini membuktikan bahwa kita sedang menjalankan lebih dari satu program pada waktu itu.

2. Multi User
Multi user itu merupakan aplikasi atau program yang memungkinkan dipegunakan oleh beberapa user sekaligus.

Contoh : Internet.

3. Multi Tasking

Multitasking adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan diolah dengan menggunakan sumberdaya yang sama. Dalam kasus sebuah komputer dengan prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu, berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut. Multitasking memecahkan masalah ini dengan memjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. Kondisi mengalokasikan CPU dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain disebut Context switch..



4. Virtual Memory

Meskipun dalam kenyatannya Memori Virtual disimpan pada hard drive, tapi kerjannya tidak muncul, berarti menjalankan software, tetapi tetap dihardware. Data yang disimpan tidak dapat bertahan lama ini, dalam arti hanya bila digunakan saja. Dan jika komputer dimatikan, data adalah data yang telah di virtual memori akan hilang. Jadi Fungsi Virtual Memory adalah untuk mengoptimalkan kinerja komputer, dengan memori tambahan, kemungkinan sangat kecil sekali terjadi crash.

Contoh Kasus : Pada saat kita menjalankan suatu program ada peringatan virtual memory too low. iitu karena page file di harddisk udah penuh dan dalam keadaan full load.

5. Multi Processing
Multiprocessing System adalah penggunaan dua atau lebih central processing unit (CPU) dalam satu sistem komputer. Istilah ini juga merujuk pada kemampuan dari suatu sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan / atau kemampuan untuk mengalokasikan tugas antara mereka.

Contoh : Intel core2 duo

6. Main Frame

Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.

Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar